Atasi Masalah Hingga Ke Akarnya Bagian 2

Gunakan Waterproofing

Untuk mencegah retak rambut, Asep menyarankan untuk menggunakan material yang sesuai dengan Standar Nasional Indonesia (SNI) dan melapisi dinding dengan waterproofng. 5aterproofng berguna untuk membuang panas dengan cepat, sehingga dapat mengurangi efek thermal shock. Untuk proses pengaplikasian, Agus Hari Setiawan, arsitek sekaligus kontraktor dari biro konstruksi Cubicon Indonesia, biasa mencampur semen dengan bahan aditif yang sudah mengandung waterproofing.

Saat ini sudah terdapat produk cat waterproofng yang dapat melindungi hunian Anda, baik di musim hujan maupun panas. Salah satunya cat keluaran reflecto. Bahan pelapis ini tidak hanya berfungsi sebagai lapisan waterproofng (antijamur) tetapi juga dapat menolak panas matahari dengan cepat, memproteksi rumah Anda 365 hari/tahun, menolak sinar UV dan GnDrareB hingga 99,9%, membuat ruang terasa lebih sejuk, serta mengurangi pemakaian AC hingga 50%.

Pertemuan Antar-Dinding

Penanganan berbeda dilakukan pada kasus dinding couple atau dinding yang langsung bersinggungan dengan dinding tetangga. Yopie Herdiansyah, arsitek dari biro Akanoma, mengungkapkan pada kasus dinding couple tidak cukup hanya memplaster pertemuan dua dindingnya. “Jika hanya menggunakan plaster mudah sekali retak dan air akan masuk ke celah dua dindingnya,” ujarnya.

Solusi mengatasinya adalah dengan melapisi bagian atas pertemuan antar-dinding dengan menggunakan karpet karet. Kemudian, karpet diplaster menggunakan adonan trasraam. Setelah kering, Anda bisa melapisi dinding dengan material antibocor berbahan cat ataupun semen. Cara ini ampuh mencegah risiko kebocoran pada pertemuan dua dinding. Sehingga, rumah pun dapat terlindungi dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *