Objek-objek arsitektur dunia berikut dapat membuat Anda tercengang ketika pertama melihatnya. Apakah Anda senang berpelesir dan menikmati waktu liburan Anda ke tempat-tempat baru? Objek wisata alam, hingga pusat perbelanjaan mungkin menjadi tempat tujuan Anda berikutnya. Namun, jangan sampai Anda melewatkan tempat-tempat ini. Di seantero dunia, tersebar objek-objek wisata arsitektur yang mampu meninggalkan decak kagum di hati Anda. Banyak di antara bangunan-bangunan tersebut merupakan peninggalan budaya, hasil bukti kekuatan religi, namun banyak juga bangunan yang merupakan hasil rancang rupa para arsitek dunia. Sebelas bangunan perkasa berikut merupakan objek-objek arsitektur dunia yang sangat kami rekomendasikan untuk dikunjungi.

Mbaru Niang, Wae Rebo, Flores, Indonesia

Desa di negeri dongeng. Mungkin kalimat itulah yang dapat mendeskripsikan rupa fsik Wae Rebo, sebuah kampung adat yang terdapat di Kabupaten Manggarai Barat, Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Kondisi geograf yang dikelilingi pegunungan, memang membuat desa ini tampak asri. Namun, satu hal yang paling membekas di ingatan, adalah rumah adat khas Wae Rebo, bernama Mbaru Niang. Keistimewaan rumah adat yang hanya terdapat di Wae Rebo ini terletak pada bentuknya yang menyerupai kerucut, dengan tinggi sekitar 15m dan atap yang nyaris menyentuh tanah. Di dalamnya, terdapat 5 lantai yang digunakan untuk beragam fungsi berbeda, salah satunya, untuk dihuni oleh 6 – 8 keluarga. Materialnya pun merupakan materialmaterial alam, antara lain atap daun lontar, ijuk, kayu worok, bambu, dan tali rotan sebagai pengikat konstruksi bangunan. Pada tahun 2012 silam, usaha konservasi Mbaru Niang yang dilakukan oleh Yori Antar dan tim, berhasil mendapatkan penghargaan tertinggi konservasi warisan budaya UNESCO Asia Pasifk, dan menjadi kandidat Penghargaan Aga Khan untuk Arsitektur di tahun 2013 lalu.

Sagrada FAMILIA, Barcelona, Spanyol

Ibukota wilayah otonom Katalonia, Spanyol, ini memang ternama akan keindahan karya-karya seni dan arsitektur di setiap pelosok kota. Salah satunya, Gereja Sagrada Familia, atau bisa disebut dengan Gereja Penebusan Dosa Keluarga Kudus, yang merupakan salah satu ikon Barcelona sejak ratusan tahun lalu. Antoni Gaudi, merupakan nama arsitek yang berada di balik nama besar gereja Katolik Roma nan raksasa ini. Uniknya, pembangunan gereja yang dimulai sejak tahun 1882 tersebut masih berlangsung hingga detik ini, meskipun sang arsitek sudah meninggal dunia sejak tahun 1926.

Bahkan, bangunan ini diperkirakan baru rampung dibangun pada tahun 2026 kelak. Kemegahan gereja bergaya Spanyol Gothic ini membuat ribuan pasang mata pengunjung tercengang tanpa kedipan. Menara-menara menjulang tinggi, kira-kira setinggi 100m, dengan mozaik warna-warni di bagian atas bangunan gereja membuatnya tampak luar biasa. Interior dengan pilar-pilar dan plafon serupa batang pohon berpadu dengan keindahan cahaya yang masuk dari kaca berwarna-warni. Tak heran bila gereja ini dijuluki sebagai gereja terindah di dunia.

Seperti halnya bangunan tinggi yang mencakar langit saat ini di kota kota besar. Apartemen dan hotel adalah contohnya, membutuhkan sumber listrik cadangan yang berupa generator set atau sering disebut juga genset. Untuk mendapatkan harga genset yang murah dan berkualitas bisa memesannya pada Distributor jual genset Cummins 1500 Kva Jakarta. Yang selalu memberikan harga diskon atau dapat dinegosiasikan sampai deal.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *